Tips Paling Mudah Agar Rumah Anti Rayap

Rayap merupakan serangga sosial anggota bangsa Isoptera dantelah dikenal luas sebagai salah satu hama penting kehidupan manusia.

Rayap yang telah bersarang dan juga memakan kayu perabotan / kerangka rumah tinggal Anda bisa menimbulkan banyak sekali kerugian secara ekonomi :(.

Rayap ini walaupun masih tergolong jenis serangga dengan bentuk fisiknya yang sangat kecil sekali, juga mempunyai kemampuan yang luar biasa untuk merusak dan juga menghancurkan sebuah rumah bahkan bangunan secara perlahan-lahan.

Dikarenakan kemampuannya tersebut yang bisa merusak bangunan rumah tinggal Anda, rayap menjadi musuh terbesar yang wajib diwaspadai sebelum akhirnya benar-benar merusak rumah tinggal Anda.

Kegemaran memakan kayu bisa sebabkan material khususnya yang berbahan kayu di rumah Anda jadi rusak, dan secara perlahan akan menjadikan rapuh pada beberapa bagian dari rumah Anda.

Hingga kini masih belum banyak orang yang tahu tentang cara atau tips mencegah, mengendalikan, dan juga membasmi rayap tersebut.

Sebab makin lamanya rayap dibiarkan begitu saja di lingkungan Anda, maka akan makin besar kemungkinan mereka mengakibatkan kerusakan yang pastinya lebih jauh lagi.

Ada berbagai macam cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk cegah rayap-rayap menyerang rumah dan juga merusak bagian-bagian di dalamnya akan tetapi yang paling penting di sini adalah menjaga kebersihan rumah dan juga selalu memastikan supaya tak ada bagian rumah yang Anda biarkan dalam kondisi yang terlalu lama lembab.

Tips agar rumah Anda bebas dengan rayap

Bersihkan saluran air dan juga selokan

Rayap suka sekali dengan area yang lebih lembab dan juga menyerap banyaknya air, salah satunya adalah selokan.

Untuk itulah Anda harus membersihkan selalu selokan di depan atau di samping rumah Anda dan jagalah supaya sampah maupun kotoran lain tidak menyumbat selokan.


Perbaiki pipa dan keran air yang sudah bocor

Apabila ada pipa atau pun keran air yang sudah bocor, maka segera perbaiki.


Keran air bocor ini akan selalu meneteskan air bahkan pada saat tidak dipergunakan. Sehingga hal tersebut dapat menjadikan rumah tinggal Anda selalu lembab serta dapat dijadikan tempat paling nyaman bagi rayap-rayap.

Selain mencegah rayap datang, perbaiki saluran pipa dan juga keran air ini juga berguna sekali untuk menghemat penggunaan air.


Kurangi penggunaan kayu di dalam rumah

Makanan rayap adalah kayu, jadi Anda disarankan untuk selalu mengusahakan tidak menempatkan material kayu dekat pondasi rumah.

Hindarilah meletakkan tumpukan kayu di dalam rumah Anda, ada baiknya taruh pada halaman dan juga tempatkan sejauh mungkin dari bangunan rumah tinggal Anda.

Jangan sampai menaruh kayu secara langsung ke tanah, akan tetapi sediakan terlebih dulu alas dari besi atau pun lantai keramik di bawahnya.


Jaga kebersihan lubang ventilasi

Pastikan juga ventilasi udara atau pun lubang angin bersih dari serpihan batu bata atau pun serpihan cat.

Berilah kawat kasa pada ventilasi untuk cegah masuknya serpihan tersebut ke dalam rumah, sebab material yang masuk bisa mengundang rayap untuk datang berkunjung ke dalam rumah.


Rawat elemen kayu secara berkala

Pakai kayu dengan kualitas bagus untuk tangga, balkon, pintu, dan bingkai jendela.

Jangan lupa juga untuk merawatnya secara berkala dengan cara membersihkannya menggunakan plitur atau varnish.


Demikianlah informasi tentang tips mudah agar rumah anti rayap yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat. bantalcustom.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.